Tim Gabungan Ditlantas, Perhubungan dan Jasa Raharja Cek Kelaikan Bus

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat wilayah VI Bengkulu dan Lampung Kementerian Perhubungan Kolonel Inf. Rahman Sujana bersama Kabid Kamsel Ditlantas Polda Lampung Akbp Junaidi melakukan pengecekan kendaraan angkutan umum   Natal dan Tahun Baru di Terminal induk Rajabasa, Jumat (21/12) sekitar pukul 13.30.

 Adapun pengecekan yang dilakukan meliputi administrasi atau dokumen bus dan teknis diantaranya ren, stir, ban, lampu jauh dekat, wipper, lampu saint dan ban serep. Sedangkan syarat administrasi meliputi buku uji trayek,  kartu pengawasan, STNK dan lainya. Selain itu para sopir pun diperiksa kesehatannya oleh Tim kesehatan di mobil milik PT Jasa Raharja.

Kabid Kamsel AKBP Junaidi dan Dishub terpaksa menurunkan semua penumpang dari Bus Bukit Barisan jurusan Rajabasa Bakauheni BE 2520 CU dan dipindahkan ke bus yang laik demi keselamatan. Bus itu ditindak karena dalam pemeriksaan ditemukan lampu jauh mati lampu rem mati dan tidak terang dan yang paling vital ban gundul dan pecah pecah.

Kadishub Lampung, Qodratul Ikhwan, mengatakan bus itu baru dizinkan beroperasi setelah kekurangannya diperbaiki.

Sementara Kepala Balai Pengelola Traaportasi Darat wilayah VI Bengkulu dan Lampung Kolonel Inf. Rahman Sujana mengatakan pengecekan kendaraan angkutan umum Natal dan Tahu Baru telah dilakukan sejak 1Desember dan sudah ada 300 san bus yang telah diperiksa. Uji petik ini disakaikan Dilantas Polda Lampung. Untuk melayani informasi arus lalu lintas disiapkan tiga titik posko di terminal tipe A Rajabasa, posko di Pelabuhan penyebrangan Bakauheni dan posko BPTD di kantor Induk di TanjungGading, Tanjungkarang Timur. (lampost.co

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here