Cara Mengatasi Iklan yang Sering Muncul di HP Samsung

Ponsel pintar, termasuk Samsung, telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita saat ini. Namun, ada satu hal yang sering mengganggu pengalaman penggunaan ponsel, yaitu iklan yang sering muncul. Tidak jarang pengguna HP Samsung merasa terganggu dan frustrasi dengan iklan-iklan yang tiba-tiba muncul di layar perangkat mereka.

Iklan-iklan tersebut tidak hanya mengganggu, tetapi juga dapat mengurangi kinerja dan menguras kuota data pengguna. Untuk membantu mengatasi masalah ini, artikel ini akan memberikan beberapa solusi yang efektif untuk mengurangi atau bahkan Cara Menghilangkan Iklan di HP Samsung.

  1. Perbarui Perangkat Lunak (Software) HP Anda Salah satu alasan munculnya iklan yang sering adalah adanya aplikasi pihak ketiga yang diinstal di HP Anda. Beberapa aplikasi ilegal atau tidak sah cenderung menyisipkan iklan di perangkat Anda. Untuk mengatasi masalah ini, pastikan Anda selalu memperbarui perangkat lunak (firmware) HP Samsung Anda ke versi terbaru. Pembaharuan perangkat lunak seringkali mencakup pembaruan keamanan dan mengurangi kerentanan terhadap perangkat lunak berbahaya yang mungkin menyebabkan munculnya iklan yang tidak diinginkan.
  2. Hapus Aplikasi Berbahaya Beberapa aplikasi yang diunduh dari sumber yang tidak sah atau tidak terpercaya cenderung menyebabkan munculnya iklan yang sering. Pastikan Anda menghapus atau mematikan aplikasi yang mencurigakan atau tidak dikenal dari perangkat Anda. Periksa daftar aplikasi yang terinstal melalui Pengaturan > Aplikasi. Hapus aplikasi yang mencurigakan, terutama jika Anda tidak pernah menggunakannya atau mengunduhnya dari sumber yang tidak terpercaya.
  3. Gunakan Aplikasi Penyekat Iklan (Ad Blocker) Untuk menghadapi iklan yang sering muncul saat berselancar di internet, Anda dapat menggunakan aplikasi penyekat iklan. Aplikasi semacam ini membantu menyaring iklan-iklan yang tidak diinginkan dan menghalanginya sebelum sampai ke perangkat Anda. Beberapa aplikasi penyekat iklan terkenal di Android adalah Blokada, Adblock Plus, dan AdGuard. Unduh dan pasang aplikasi penyekat iklan dari toko aplikasi resmi untuk memastikan keamanan perangkat Anda.
  4. Batasi Izin Aplikasi HP Samsung menggunakan sistem izin untuk mengontrol akses aplikasi terhadap data dan fungsi perangkat. Beberapa iklan mungkin berasal dari aplikasi yang memiliki izin untuk menampilkan iklan di luar konteks mereka. Anda dapat membatasi izin tersebut untuk mengurangi iklan yang muncul. Buka Pengaturan > Aplikasi > [Nama Aplikasi] > Izin. Revisi izin aplikasi sesuai kebutuhan atau nonaktifkan izin yang tidak relevan.
  5. Hati-hati dengan Pengaturan Kustom Beberapa iklan mungkin muncul karena Anda mengizinkan perangkat Anda untuk menerima iklan yang dipersonalisasi berdasarkan kebiasaan dan aktivitas Anda. Meskipun iklan semacam itu dapat menyajikan konten yang lebih relevan, tetapi juga dapat dianggap sebagai gangguan. Untuk mengatasi hal ini, buka Pengaturan > Privasi > Iklan, dan nonaktifkan opsi “Izinkan iklan yang disesuaikan”.
  6. Matikan Notifikasi Aplikasi Tertentu Selain iklan pop-up, pemberitahuan dari aplikasi tertentu juga dapat mengganggu dan membuat frustrasi. Jika Anda mengalami masalah ini, matikan notifikasi dari aplikasi yang tidak relevan atau tidak diinginkan. Buka Pengaturan > Pemberitahuan (Notifikasi) > [Nama Aplikasi], dan nonaktifkan opsi “Izinkan pemberitahuan”.
  7. Gunakan Mode Penghemat Baterai Samsung biasanya menyertakan mode penghemat baterai yang dapat membantu meningkatkan masa pakai baterai perangkat Anda. Mode ini juga dapat membantu mengurangi iklan yang sering muncul dengan membatasi aktivitas aplikasi di latar belakang. Aktifkan mode penghemat baterai dengan pergi ke Pengaturan > Baterai > Mode Penghemat Baterai.
  8. Reset Pengaturan Jaringan Jika iklan yang sering muncul berhubungan dengan aplikasi berbasis jaringan, Anda dapat mencoba mereset pengaturan jaringan. Ini akan menghapus semua pengaturan jaringan, termasuk Wi-Fi, data seluler, dan Bluetooth, dan mengembalikannya ke konfigurasi default pabrik. Untuk melakukan reset pengaturan jaringan, pergi ke Pengaturan > Kelola koneksi > Reset pengaturan jaringan.
  9. Batasi Latar Belakang Data Banyak aplikasi berjalan di latar belakang dan terus mengambil data dari internet. Hal ini dapat memicu munculnya iklan yang sering. Untuk mengatasi masalah ini, batasi latar belakang data aplikasi dengan membuka Pengaturan > Koneksi > Penggunaan data > Latar belakang data. Pilih aplikasi yang ingin Anda batasi aksesnya atau nonaktifkan latar belakang data sepenuhnya.
  10. Reset Pabrik Jika semua langkah di atas belum memberikan hasil yang memuaskan, langkah terakhir yang dapat Anda coba adalah melakukan reset pabrik. Sebelum melakukan reset, pastikan Anda telah mencadangkan semua data penting Anda karena proses ini akan menghapus semua data dari perangkat Anda. Caranya, pergi ke Pengaturan > Cadangkan dan Setel Ulang > Setel Ulang Data Pabrik > Setel Ulang Perangkat.
Baca Juga  Cara Menghapus Akun Instagram Dan Manfaatnya Secara Permanen (Pembaruan 2021)

Catatan: Reset pabrik harus menjadi langkah terakhir karena dapat menyebabkan hilangnya data penting dan mengembalikan perangkat ke pengaturan awal pabrik.

Sumber : teknokrad.com

Pos terkait