Sinyal 3G Telkomsel Akan Dimatikan Di Seluruh Indonesia Pada Mei 2023, Terakhir Di Jakarta

Telkomsel mulai “dead injection” atau pemadaman jaringan 3G di berbagai wilayah Indonesia mulai Maret 2022.

National lethality injection jaringan 3G Telkomcell sudah dijadwalkan selesai akhir tahun 2022 kemarin.

Namun Telkomsel menunda jadwal tersebut paling lambat akhir tahun 2023, mengingat masih banyak pengguna yang belum beralih ke 4G atau memiliki perangkat 4G.

Nah, kini Telkomsel menyebut kemungkinan ada jadwal lebih awal untuk mematikan jaringan 3G Indonesia yang sedianya akan rampung pada Mei 2023.

Hal ini dibagikan oleh Galumbang Pasaribu, Vice President Global Network Operations Telkomsel.

Menurut pdscustom.com, saat ini sedang menjalani tahap 7 (penyebaran) proses suntik mati 3G yang dimulai kemarin, 27 Maret 2023. Penyebaran ini mencakup beberapa kabupaten di Jawa Barat seperti Cirebon, Tasikmalaya, Majalengka, Subang dan sekitarnya.

Selain itu, Telcomcell melanjutkan dengan 8 langkah injeksi mematikan 3G, yang diklaim sebagai langkah terakhir dari proses injeksi mematikan 3G. Saat ini, jaringan 3G di wilayah Jakarta akan dihentikan total.

(28/ Angkatan kedelapan akan kami selesaikan pada Mei 2023 dan dilaksanakan di Jakarta. .

Jakarta adalah wilayah terakhir.

/Bill Clinten Vice President Global Network Operations Telkomsel Galumbang Pasaribu menghadiri acara Telkomsel Siaga RAFI 2023 yang digelar di Telkom Krucuk, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (28/3/2023).

Jalumbang belum memberikan tanggal pasti kapan jaringan 3G Telkomsel ditiadakan di wilayah Jakarta.

Namun yang jelas, pihaknya sendiri sengaja menjadikan Jakarta sebagai jalan terakhir injeksi mematikan 3G. Pasalnya, pelanggan di wilayah ini menuntut pelayanan prima agar aktivitasnya tetap berjalan lancar.

Artinya, jika masyarakat yang tinggal di Jakarta tidak beralih ke jaringan 4G (yang masih 3G) dan tiba-tiba Telkomsel memutuskan jaringan 3G di wilayahnya, aktivitas pelanggan tentu akan terganggu.

Baca Juga  Fitur WhatsApp Plus MOD APK Terbaru dan Cara Downloadnya

“Jadi gelombang 1 sampai 7 kita lakukan di pinggir wilayah Indonesia dan di pinggir wilayah Indonesia, dan nanti gelombang kedelapan kita ke Jakarta,” kata Galumbang.

Sebagai referensi, Telkomsel menyediakan halaman jadwal upgrade jaringan 4G Telkomsel atau halaman jadwal shutdown jaringan 3G di situs resminya https://www.telkomsel.com/untungjadi4g.

Diperbarui pada 2 Maret 2023, laman tersebut sebenarnya tidak menyebutkan kronologi pasti fase atau rangkaian bencana injeksi jaringan 3G Telkomsel di Indonesia.

Namun, menurut pantauan KompasTekno, wilayah Jakarta yang merupakan bagian dari pulau Jawa belum masuk dalam website resmi jadwal upgrade jaringan 4G Telkomsel.

Pos terkait