Selamat Tinggal NFT Di Instagram Dan Facebook

Dalam beberapa minggu mendatang, pengguna Instagram dan Facebook harus mengucapkan selamat tinggal pada fitur Non-Fungible Token (NFT).

Pasalnya mengutip dari https://www.touchnottingham.com/, Meta memutuskan untuk menghentikan pengembangan fitur NFT ini di kedua platform media sosial, Instagram dan Facebook. Ini dibagikan langsung di utas di Twitter oleh Stephane Kasrel, Kepala Meta Commerce dan Fintech.

“Kami menghentikan alat agregasi digital (NFT) untuk saat ini, dengan tujuan berfokus pada cara lain untuk mendukung pembuat, orang, dan bisnis,” tulis @skasriel di Twitter.

Dengan hilangnya fitur NFT, juru bicara Meta Joshua Gunter mengonfirmasi bahwa pengguna Instagram dan Facebook tidak akan dapat menjual dan berbagi kumpulan NFT selama beberapa minggu ke depan.

Gambar ruang berita meta dari fitur Instagram NFT. Fungsionalitas NFT hanya bertahan seumur hidup. Fitur Non-Fungible Token (NFT) pertama kali diuji hanya untuk pengguna Instagram dan Facebook pada Mei 2022.

Kemudian, pada Agustus 2022, pengguna Indonesia dapat melihat dan menjual pool NFT mereka menggunakan fitur NFT. Pada Oktober 2022, Meta mengonfirmasi peluncuran fungsionalitas NFT di AS dan 100 negara lainnya.

Namun, kurang dari setahun kemudian, tepatnya 5 bulan kemudian, Meta telah mengumumkan penghentian fitur NFT ini di platform Instagram dan Facebook miliknya.

Fokus pada monetisasi reel

Dalam sebuah utas di Twitter, Kasriel mengungkapkan bahwa Meta tidak akan menyerah pada misinya untuk membantu pembuat konten terhubung dengan penggemarnya.

Ke depan, Meta akan fokus pada produk lain seperti konversi pesan dan gulungan. Meta juga akan terus bekerja dengan pembuat konten NFT dan Web3 yang memanfaatkan rangkaian alat perusahaan untuk membantu mengembangkan komunitas mereka.

Berita penghentian fitur NFT muncul di tengah rumor bahwa Meta diperkirakan akan “keluar dari beberapa proyek dan tim”.

Seorang sumber yang dekat dengan masalah tersebut mengatakan kepada The Wall Street Journal, sebagaimana diedit oleh KompasTekno TheVerge, Selasa (14 Maret 2023).

Fitur NFT di Instagram dan Facebook

Fitur NFT yang ditemukan KompasTekno pada Selasa pagi masih bisa diakses di Instagram. Koleksi NFT pengguna akan tetap terlihat di layar profil pengguna. Set memiliki efek berkilau.

Instagram / Pieterlydian Ilustrasi fitur NFT Instagram yang bisa Anda gunakan untuk membagikan koleksi NFT Anda di Instagram. Kombinasi simbol non-pong juga ditampilkan sebagai simbol bendera di bidang heksadesimal. Ikon tersebut disertai dengan keterangan “Digital Collectible “.

Dengan mengklik ikon tersebut, pengguna dapat melihat informasi tentang kumpulan NFT mereka. Misalnya, informasi tentang pembuat NFT, pemilik NFT, deskripsi NFT, jenis blockchain yang digunakan untuk NFT, dan pasar tempat NFT dijual.

Mulai Oktober, blockchain yang didukung oleh fungsi NFT Instagram adalah Ethereum, Polygon, dan Flow. Dikatakan bahwa blockchain Solana akan mengikuti.

Fitur NFT ini juga menerapkan penandaan otomatis pembuat dan agregator. Kreator dan kolektor dapat secara otomatis muncul di postingan koleksi digital tergantung pada pengaturan privasi mereka.

Sebelum melihat dan menjual kumpulan NFT, pengguna harus menautkan dompet digital mereka langsung ke Instagram.

Di Instagram, Anda dapat menemukan fitur NFT dengan membuka ikon tiga garis horizontal di bawah Profile > “Digital Collectibles ” > “Get Started “.

Pada Oktober lalu, dompet digital kompatibel yang tersedia untuk pengguna Instagram adalah Coinbase, Dapper, Rainbow, MetaMask, dan Trust Wallet.

Setelah terhubung, pembuat dan kolektor dapat memilih NFT dari dompet digital mereka dan kemudian membagikannya dalam postingan di Instagram atau Facebook.